Kelezatan Autentik dari Dapur Dayak Lundayeh, Lima Makanan Tradisional yang Menggugah Selera

 

Krayan News --Makanan tradisional dari suku Dayak, seperti Dayak Lundayeh, mencakup Luba lemek, luba laya, biter berek, senamo, dan naral baka. Biasanya disantap saat sarapan atau acara adat/formal. Rasanya pasti sesuai untuk semua orang yang mencobanya.

Gambar: Makanan Khas Suku Dayak Lundayeh di dataran Tinggi Krayan.
Sumber Gambar: KrayanNews.Com

Setiap hidangan memiliki cita rasa khas yang mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi suku Dayak Lundayeh. Luba lemek (non halal), misalnya, dikenal dengan rasa khas dari beras penggunungan Krayan yang sangat enak, di masak dengan irisan-irisan lemak babi, beserta dagingnya lalu di beri campuran rempah-rempah lokal yang unik. Soal aroma bagaimana? Pasti enak!

Nah, selain Luba Lemek ada juga Luba laya memiliki aroma yang khas dengan perpaduan rasa yang juga khas sebab, luba laya di bungkus dengan daun. Ditambah Biter berek kaya akan tekstur dan rasa, olahan makanan ini mirip bubur, hanya saja menawarkan sensasi makan kahs yang berbeda, serta memuaskan.

Selain itu ada juga makanan khas suku Dayak Lundayeh, Senamo/ Sinamo, dengan rasa uniknya, daging ( bisa; babi hutan dan ikan) yang fermentasi secara tradisional dengan rasa asam, asin, dan pedas sering kali menjadi favorit di antara anak-anak maupun orang dewasa. Sedangkan naral baka, dengan daging yang di aspkan di bara api sampai kering berwarna hitam, keras tapi bumbu yang meresap sempurna, selalu menjadi hidangan di setiap meja makan orang Dayak Lundayeh di Kalimantan Utara.

Gambar: Makanan-makanan yang di hidangkan masyarakat di atas meja pada saat acara adat/pernikahan.
Sumber: KrayanNews.Com

Selain kelezatannya, makanan-makanan ini juga mencerminkan kearifan lokal dan kebersamaan dalam masyarakat Dayak Lundayeh di Dataran Tinggi Krayan. Budaya menjadi penting bagi masyarakat lokal setempat.

Karena itu, jika Anda mengunjungi Kalimantan Utara, daerah Krayan harus mencoba mencicipi langsung makanan tradisional ini akan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Di tambah keramahan masyarakat setempat kepada setiap orang yang datang ke daerah ini.

***

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url